Pengujian Kualitas Air Limbah

Uji kualitas air bersih adalah salah satu layanan yang disediakan Graha Mutu Persada yang banyak diminati perusahaan Industri dan Fasilitas Kesehatan (rumah sakit, klinik, dll) di seluruh Indonesia. Pernyataan ini dibuktikan dari 1000+ pengujian yang dilakukan pada perusahaan industri dan fasilitas kesehatan yang telah menggunakan jasa kami dalam pengujian air bersih Graha Mutu persada.

Pengujian air bersih adalah tindakan yang dilakukan untuk mengetahui kualitas baik atau buruknya air bersih. Kegunaan dari uji kualitas air bersih adalah untuk mengurangi dampak negatif yang akan terjadi pada kesehatan masyarakat yang timbul karena mengonsumsi air dengan kualitas tidak layak atau tidak sesuai dengan standar kesehatan.

kualitas air bersih

 

Pengujian kualitas air bersih ini dapat diterapkan pada perusahaan industri, rumah sakit, klinik, HORECA, perusahaan pemerintah dan personal melalui laboratorium pengujian lingkungan.

Pada pengujian ini juga pastinya dibantu dengan peralatan – peralatan yang canggih, antara lain :

  1. pH meter yang digunakan untuk mengukur pH air
  2. TDS meter digunakan untuk mengukur partikel terlarut dalam air
  3. DO Meter untuk mengukur mengukur kadar oksigen terlarut (dissolved oxygen) dalam air
  4. Turbidity Meter untuk mengetahui tingkat kekeruhan air akibat pencemaran lingkungan

Dalam pengujian air kualitas bersih membutuhkan waktu 1 hari untuk pengambilan sampel air dan dibutuhkan 14 hari kalender untuk hasil ujinya keluar. Berikut adalah tahapan dalam pengambilan sampel uji air bersih :

  1. Penentuan titik pengambilan sampel air
  2. Menyiapkan wadah yang telah di sterilisasi
  3. wadah yang disiapkan adalah wadah jirigen dan botol kaca untuk sampel yang akan diuji secara mikrobiologi, pengambilan sampel air
  4. Penyerehan sampel ke laboratorium, diuji dengan metode yang sesuai parameter yang telah ditetapkan dalam peraturan yang berlaku

Pada pengujian air ini terdapat 3 metode, yaitu metode fisika, kimia dan mikrobiologi. Pengujian fisika akan menggunakan beberapa point, antara lain :

  1. Metode fisika (rasa, bau, warna dan kekeruhan)
  2. Metode kimia (pH, partikel terlarut, Oksigen terlarut)
  3. Metode mikrobiologi (total coliform dan E.coli)

Kunjungi halaman kami yang lainnya:

Pengujian udara

Pengujian tanah

Hubungi kami DISINI untuk mengetahui tentang layanan uji air bersih yang Graha Mutu Persada sediakan dan juga jangan lupa untuk mengikuti akun sosial media kami untuk mendapatkan informasi tentang lingkungan.

Instagram : @grahamutupersada.id

Fanpage Facebook : @grahamutupersada.id

Linkedin : /grahamutupersada

Telepon : (0321) 5287839 (Kantor Pusat Mojokerto)

                (024) 76905496 (Kantor Satelit Semarang)